Home > Smartphone > Gadget Pilihan 2011

Gadget Pilihan 2011

Pertanyaan pertama, kalau punya uang 7 juta Rupiah, tablet PC apa yang memiliki value for the money? Pilihan pertama saya jatuh pada Apple iPad, apalagi pada bulan Desember Apple iPad sudah bisa dibeli di store.apple.com/id/.

Saya sudah mencobanya, tebak apa yang terjadi? Setelah menunggu dari awal bulan Desember, pada Januari awal, diberitahu, bahwa saya yang membatalkan order tersebut, dan uang dikembalikan. Ternyata ada masalah dengan pengiriman dari Singapura, dan Apple menyalahkan saya. Harga Wifi + 3G adalah 6 juta Rupiah. Jadi di bawah budget anda yang 7 juta. Tapi sayang seribu sayang, Apple iPad tidak bisa saya dapatkan dalam waktu dekat ini.

 

 

 

 

Tiga pilihan jatuh pada:

  1. Apple IPad Wifi + 3G harga sekitar 6 juta.
    • Software iOS dan hardware dari Apple, sehingga upgrade OS terjamin. Saya sendiri menggunakan iPhone 3GS, yang sudah diupgrade sampai dengan iOS 4.2.1. Memang saat ini ada bug pada alarm, terutama awal tahun 2011 ini. Dengan kemudahan upgrade iOS, sebentar lagi anda mendapatkan iOS versi baru.
    • Aplikasi yang banyak, dari games, informasi, bisnis, movie. Kelebihan utama tentunya sebagai media entertaiment. Banyak game bagus. Banyak movie, ada Flixter untuk menonton preview Movie.
  2. Samsung Galaxy Tab dengan layar 7 inch. Tablet yang bisa digunakan sebagai mobile phone. Samsung adalah pembuat hardware yang bagus, tetapi komitmen dukungan Samsung terhadap software masih diragukan. Harga terakhir adalah Rp. 6,8 juta. Sebelumnya saya baca di internet akan ada penurunan harga supaya dapat bersaing dengan iPad. Sekitar berapa ya? Rp. 5,8 juta atau kurang merupakan harga yang wajar.
    • Menggunakan Android 2.2 Froyo, perhatikan kemudahan upgrade ke versi Android seperti 2.3 dan 3.0. Sebelum membeli, masuk ke Settings – About phone, cari System software update yang bisa digunakan untuk upgrade otomatis Android, seperti pada HTC Legend.
  3. Dell Streak, dengan layar ukuran 5″ dan Android 1.6 (rencana upgrade ke Android 2.2) Harga sekitar Rp. 6 juta. Ada rencana penurunan harga seperti pernah diumumkan di internet, untuk Indonesia belum ada kabar lebih lanjut.
    • Dell adalah perusahaan dengan komitmen terhadap hardware dan software.

Untuk sebuah smartphone seharga 6 – 7 juta, pilihan saya:

  1. iPhone 4, harga sekitar 7 juta. Layar 3.5inch. Baterai dengan daya tahan sekitar 1,5 hari, bisa mendapatkan informasi dari internet selagi menunggu, bermain game, komunikasi video.
  2. Blackberry Torch, dengan sliding keyboard, layar 3.2 inch, removeable baterai. Bagi yang suka chatting keyboard adalah sebuah keharusan. Harga sekitar 6.5 juta
  3. HTC Desire HD, layar 4.3″ Android 2.2, dengan kemudahan upgrade Operating System. HTC adalah pembuat smartphone yang bagus dengan komitmen pelayanan yang tinggi. Harga Rp. 6.6 juta. Dapat dilihat di Grand Indonesia.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: