Home > Pendapat, Review > Pilihan Buku

Pilihan Buku

Lama sudah tidak membeli buku. Buku adalah kumpulan kalimat dengan topik tertentu. Yang susah adalah membeli buku yang sesuai dengan ekspektasi.

Sangat menyenangkan mendapatkan buku yang memberikan informasi baru, dan menginspirasi. Beberapa buku pilihan saya adalah sebagai berikut:

Ada satu buku lagi yang menarik sekali judulnya Black Swan, belum selesai dibaca karena ceritanya sangat tidak mengalir. Kalimat-kalimat yang harus direnungkan, kalimat yang menggunakan kata-kata yang tidak lazim, antara satu kalimat dengan kalimat lain yang sangat tidak berhubungan, kalimat yang penuh dengan informasi yang sulit dicerna.

Buku Black Swan menceritakan tentang kejadian besar yang sangat tidak lazim. Seperti judulnya, angsa tidak ada yang hitam, semua angsa umumnya putih (hemm kenapa ya?).

Buku ditulis oleh Nassim Nicholas Taleb, seorang pengarang, pebisnis, ilmuwan. Dibandingkan dengan ketiga orang pengarang buku pilihan saya yang semuanya adalah jurnalis dan penulis blog, maka bisa dipahami kenapa Black Swan ceritanya tidak mengalir. Saya baru membaca setengah dari bab pertama, dan melanjutkan membaca buku-buku lainnya.

Tipping Point, menceritakan mengenai sesuatu pembalikan. Diambil contoh sebuah perusahaan sepatu Amerika Hush Puppies, yang sudah mau berhenti beroperasi. Trend busana di New York dengan sepatu Hush Puppies tiba-tiba melejitkan penjualan Hush Puppies.

Sesuatu pembalikan bisa terjadi karena ada tiga komponen penting: Connector, Maven, dan Sales. Mungkin untuk contoh di Indonesia adalah penyanyi Tak Gendong…

Blink, bercerita tentang firasat ataupun dorongan. Bagaimana ahli makanan bisa tau komponen/ resep dari mencicipi makanan, bagaimana kita bisa tau sesuatu yang berbahaya, kesan pertama: informasi tanpa berpikir.

Blink mencoba menyingkapkan bagaimana suatu keputusan diambil, dan ketepatan tersebut sangat tergantung dari penyempurnaan, pengalaman.

Outlier, mencoba mengungkapkan bagaimana orang-orang hebat (outlier) dapat terjadi di masyarakat. Yang diargumentasikan adalah itu karena masa (waktu tertentu memungkinkan hal tersebut), latihan (pengalaman menambah keahlian). Salah satu yang dicontohkan adalah Bill Gate.

Malcolm Gladwell adalah jurnalis. Banyak informasi yang disajikan adalah berdasarkan riset dari Universitas di Amerika. Banyak orang juga tidak begitu percaya pada tulisan tersebut, karena katanya si pengarang tersebut hanya mengambil riset yang mendukung buku.

What Would Google Do, menceritakan bahwa Google menciptakan platform untuk semua orang untuk mendapatkan informasi. Google juga akan tetap relevan pada masa mendatang sebagai mesin pencari.

The World is Flat, semua orang punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan informasi. Tidak ada batas negara, komunikasi menciptakan satu negara: internet. Outsourcing, menciptakan peluang di India, pengembangan software dan call center Amerika dilakukan di India. Dunia juga semakin banyak menggunakan software dari India.

China mendistribusikan barang-barang nya ke dunia. Economic scale dan sumber daya manusia yang masih murah adalah keunggulan ekonomis.

Related: Google Mendatarkan Dunia dan Peluang Bisnis, Informasi Dimana-mana

Categories: Pendapat, Review
  1. November 23, 2013 at 3:49 pm

    Good article! We are linking to this particularly great post on our site.

    Keep up the good writing.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: