Home > Pendapat > Google Perpustakaan Dunia

Google Perpustakaan Dunia

Pernakah anda membaca buku, majalah, dan karena belum selesai, kemudian lupa dimana anda terakhir menempatkannya? Saya adalah orang seperti itu.

Pada dasarnya itu adalah karena ketidak disiplin. Memang pada hakikatnya manusia itu penuh ketidak teraturan. Sebelum zaman komputer sekarang ini, saya masih ingat kita membawa buku agenda. Zaman komputer ini tidak perlu bawa buku, tidak perlu bawa agenda, ada smartphone, ada iPad, ada notebook.

Pada saat dimulainya komputer dan jaringan komputer, masa awal internet di Indonesia, sekitar akhir 1996-an. Internet adalah barang baru bagi saya, karena tidak tidak harus kemana mencari informasi, saya membeli buku petunjuk internet seperti Yellow Pages nya internet.

Search engine, sudah ada waktu itu, namanya Lycos, AltaVista. Saat ini Google telah menjadi search engine dengan 60 – 70% pengguna seluruh dunia. Menurut salah satu web site search engine marketing, terdapat 240 juta domain name pada tahun November 2009. Domain tersebut berisi banyak informasi, mengenai ide-ide (blogs), buku, produk, referensi, toko, majalah, gambar, video, informasi penerbangan, dll.

Bagaimana anda tahu dimana lokasi dari semua informasi tersebut? Kalau tidak karena search engine, kalau tidak karena Google? Google adalah perpustakaan dunia.

Dengan internet, semua manusia di daerah terpencil pun memiliki pengetahuan yang sama dengan daerah kota besar dengan fasilitas yang banyak. Proyek One Laptop per Child (OLPC) di luar negeri dan Internet untuk Perdesaan dari Kementrian Komunikasi dan Informasi adalah salah satu contoh mencerdaskan manusia.

Google berperan besar, karena seperti perpustakaan, Google mengindeks semua informasi, mengarahkan kita. Google juga akan tetap relevan di masa mendatang.

Membaca mencerdaskan manusia. Hal yang yang menyenangkan tentunya adalah dalam era digital ini, sudah ada iPad. Media pembaca buku secara digital, seperti halnya komputer. iPad, adalah komputer tablet, dan bisa digunakan membaca buku, majalah, dan lain-lain. Buku untuk iPad dapat dibeli dari Amazon.com, Barnes & Noble, dll. Majalah dan koran digital-pun dapat dengan berlangganan.

Untuk menandai suatu kalimat penting, diciptakanlah Stabilo Boss. Untuk menandakan halaman yang terakhir di baca, dibuatkan pita di dalam buku. Dengan komputer, kita hanya perlu searching, bookmark, dan satu lagi Googling (search melalui Google). Terima kasih Google.

Categories: Pendapat Tags: , , , ,
  1. June 14, 2010 at 6:17 pm

    google oh google… bagai pedang bermata dua… berguna namun juga berbahaya😀

  1. May 23, 2010 at 11:15 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: