Home > 1 > Lucky Luke si Koboi Telah Kembali ke Indonesia

Lucky Luke si Koboi Telah Kembali ke Indonesia

Hari Minggu kemarin, tanggal 4 April 2010, ada discount untuk pembukaan toko buku Gramedia di Mal Of Indonesia. Karena iseng, saya menyempatkan diri untuk membeli beberapa buku.

Ternyata Gramedia sekarang menerbitkan Lucky Luke.  Lucky Luke adalah koboi penembak yang lebih cepat dari bayangannya. Setting diambil pada masa koboi mengendarai kuda, membawa pistol, Indian, dan ada pasukan kaveleri berkuda.

Saya dulu sewaktu SMP (beberapa puluh tahun yang lalu) sudah pernah membaca beberapa judul Lucky Luke terbitan Indira.

Tentu saja saya membeli beberapa judul baru yang belum saya baca sebelumnya. Tetapi setelah saya perhatikan dengan baik, ternyata ada beberapa perbedaan, yang pada awalnya saya tidak begitu yakin.

Pertama saya hanya memilih judul yang ada gambar ikon Lucky Luke. Ada beberapa judul memang tidak ada ikon seperti gambar di sebelah. Semua judul buku Lucky Luke digambar oleh Morris, dan judul yang saya beli dikarang oleh X. Fauche.

Setelah saya Google di internet, ternyata Lucky Luke selalu digambar oleh Morris (Maurice De Bevere), seorang kartunis berkebangsaan Belgia. Tetapi ceritanya banyak juga ditulis oleh René Goscinny. Goscinny adalah salah satu penulis favorit saya untuk cerita Asterix dan Obelix.

Kenapa Lucky Luke menarik? Seperti semua kartun, pameran utama nya santai, lucu, pahlawan, yaitu Lucky Luke. Dia memiliki kuda yang bisa bicara: Jolly Jumper (siapa ya, hewan yang bisa bicara? Snowy dari Tintin?). Setting Amerika zaman koboi.

Format komik Lucky Luke terbitan Gramedia ini memang lebih kecil dibandingkan dengan terbitan Indira. Harganya Rp. 27.000 adalah affordable.  Seingat saya dulu terbitan Indira sudah cukup mahal. Indira sekarang sudah tidak menerbitkan buku lagi. Sepertinya untuk Indonesia, Lucky Luke sudah diambil alih oleh Gramedia.

Komik Lucky Luke berbeda dengan manga Jepang. Manga Jepang banyak yang memiliki teknik yang lebih baik dan sangat detail. Anak-anak sekarang suka manga, seperti One Piece, Naruto, dll. Harga manga lebih murah, hitam putih sekitar Rp. 11.000

Categories: 1 Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

