Home > Smartphone > Google vs Apple

Google vs Apple

Apple punya iPhone, sekarang Google punya Nexus One. iPhone (tagline the internet in your pocket) adalah smartphone Apple dengan multi-Touch, layar besar 3.5 inch, accelerometer, digital Compass, Wifi, 3G, GPS, kamera 3 Mega Pixel, photo dan video geotagging, internal memory 16 GB atau 32 GB.

Nexus One dengan tagline web meet phone, adalah smartphone Google buatan HTC. Spesifikasi teknis dari Nexus One, operating system open source Android dari Google. 3.7 inch multitouch display, 5 mega pixel kamera dengan geotagging dan flash, AGPS, Wifi, 3G, memory 512 MB RAM, dan expandable memory sampai 32 GB dengan microSD.

Lalu kenapa Google terjun ke business smartphone? Business Week menduga karena iklan, dan masa depan adalah mobile computing.

Google senang mengakusisi startup baru, seperti membeli YouTube, dan mencoba membeli Facebook. Google kemudian membeli AdMob, perusahaan yang memimpin di iklan mobile, seharga US$ 750 juta.

Apple kemudian membeli Quattro Wireless, seharga US$ 275 juta, perusahaan iklan pengguna ponsel berdasarkan perilaku.

Pada mobile computing, tersedia aplikasi khusus untuk masing-masing tujuan. Setidaknya di iPhone, ada aplikasi Google Map untuk melihat peta. Flixster untuk melihat preview film, dan memberi tahu lokasi bioskop serta film yang diputar di sekitar kita. Hotelpal, untuk hotel, Starbuck, untuk melihat kedai kopi, Urbanspoon, untuk tempat makan, Yelp, untuk tempat makan, minum, belanja.

Jadi aplikasi di smartphone mengirimkan lokasi, kemudian server memberikan informasi yang kita butuhkan. Untuk aplikasi yang free, tentu saja disertakan juga iklan. Misalnya kita buka Urbanspoon, kemudian akan diinformasikan sejumlah tempat makan di sekitar kita dengan peta. Iklan akan menampilkan tempat makan, mungkin disertakan dengan promosi. Anda tertarik?

Nah disitulah peran Google maupun Apple dalam akusisi perusahaan mobile iklan, dan tentu saja pengaturan pada smartphone mereka. Riset Gartner, pada tahun 2009 pengeluaran mobile iklan adalah US$ 2 miliar, dibandingkan dengan US$ 60 milliar untuk internet.

Jadi siapa menguasai media, menguasai uang… Hal menarik lainnya adalah Operating System iPhone adalah Unix.

  1. No comments yet.
  1. February 28, 2010 at 4:15 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: