Home > News > Web 2.0 Apakah Itu?

Web 2.0 Apakah Itu?

Saya orang IT, terus terang saja, saya sendiri tidak tahu secara persis apa itu Web 2.0. Sampai beberapa hari yang lalu saya baca artikel bahwa trend nya sekarang adalah Web 2.0. Perkiraan saya adalah programming dengan Web 2.0. Apakah itu dengan Microsoft .NET? Ajax?

Searching di internet, saya mendapatkan artiket dari O’Rielly bahwa Web 2.0 adalah internet/ web telah menjadi lebih penting. Perbandingan berikut ini antara Web 1.0 – Web 2.0:

DoubleClick      –>      Google AdSense
Ofoto     –>     Flickr
Akamai     –>     BitTorrent
mp3.com     –>     Napster
Britannica Online     –>     Wikipedia
personal websites     –>     blogging
evite     –>     upcoming.org and EVDB
domain name speculation     –>     search engine optimization
page views     –>     cost per click
screen scraping     –>     web services
publishing     –>     participation
content management systems     –>     wikis
directories (taxonomy)     –>     tagging (“folksonomy”)
stickiness     –>     syndication

Jangan tanya saya mengenai semua term diatas. Saya orang IT yang ‘kurang gaul’. Bikin blog juga baru-baru ini aja. Dulu saya punya personal home page. Sudah lama sekali, waktu zaman ISP rad.net. Saya hanya gunakan beberapa Web 2.0 berikut ini: wikipedia, blogging (ya ini), search engine optimization (sekarang saya baru tau, bahwa untuk jadwal penerbangan, panel surya,  dan tenaga surya, menggunakan domain name speculation dan mencoba seo), web services, syndication.

Saya masih menggunakan Content Management System Joomla. Jadi kita hanya perlu konsentrasi pada content. Semua itu diberikan kepada kita secara gratis. Betapa beruntungnya kita. Sangat berterima kasih.

Karena kedermawaan inilah, ada Web 2.0. Bayangkan kalau google, wordpress, cms, yahoo, dll. tidak gratis. Karena gratis, maka ada partisipasi. Jadi kalau anda punya sesuatu yang bagus, berdermalah dulu, kemudian anda pasti menerima kedermawan orang lain. Amin.

Categories: News Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

