Home > Energi > Ingin tidak tergantung pada PLN

Ingin tidak tergantung pada PLN

Instalasi Panel Sel Surya di rumah sebagai pelengkap dari PLN.

Ceritanya tiga tahun lalu saya sedang ke Bandung, terus melihat salah satu iklan ada menjual sel surya. Kemudian pada kunjungan berikutnya saya beli sel surya tersebut pada salah satu pusat elektronika di Bandung. Saya sudah tidak ingat lagi persisnya dimana.

Saya pasang di rumah saya, panel sel surya 60 WP, controller, inverter dan batere maintenance free.  Saya memasang instalasi kabel baru dan lampu Philips 15 Watt dari inverter (sel surya) untuk penerangan di depan rumah.

Mungkin karena cahaya matahari yang kurang, kadang-kadang pada pagi hari sekitar jam 5, saya mendengar bunyi alarm dari perangkat inverter, karena baterenya sudah mau habis.

Dua tahun yang lalu, saya membeli Lampu LED 3 Watt, dan memasangnya pada batere sel surya. Hasilnya, GOOD.  Sekarang ini saya sudah tidak menggunakan sel surya untuk AC. Sel surya itu saya gunakan untuk kamera CCTV, lampu penerangan LED di beberapa lokasi dan Wifi.

Kalau ingini mengenal lebih banyak mengenai sel surya ini ada web site yang cukup bagus mengenai solar cell panel.

  1. hasan
    August 28, 2009 at 7:36 pm

    Saya pernah dengar bahwa lampu LED lebih mahal 10 – 20 kali dari lampu biasa?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

